Selasa, 12 Oktober 2010

Fungsi Tombol Symbian S60






Ponsel-ponsel seri 60 Nokia memiliki keunikan dibandingkan ponsel-ponsel lain. Kemampuannya menampung sejumlah aplikasi tambahan dari pihak ketiga membuat ponsel-ponsel jenis ini memiliki karakteristik yang lain dari yang lain.




Seri yang tergolong ponsel pintar ini pun memiliki banyak fasilitas, dari yang sederhana, hingga yang berbau multimedia. Berikut ini beberapa tips ringan untuk pengguna ponsel symbian seri 60.



1. Keypad 0 Pembuka Web Browser

Sejalan dengan semakin luasnya coverage GPRS operator di Indonesia, penggunaan web browser di ponsel juga kian meningkat. Meski masih dalam taraf sekedar iseng atau coba-coba, surfing di dunia maya melalui browser ponsel kerap dilakukan untuk beberapa kebutuhan.



Mendownload aplikasi, game dan ringtone gratisan merupakan salah satu contohnya. Tahukan ? bisa membuka pintu gerbang ke dunia maya mini ini tanpa perlu menekan tombol menu, lalu memilih ikon web browser. Ya, hanya dengan menekan tombol 0 beberapa saat, akan langsung dibawa ke browser ponsel.



2. Rewind (Rew) dan Fast Forward (FF)

Yang ini khusus untuk ponsel-ponsel musik Nokia termasuk 3250 dan ponsel-ponsel seri ‘N’. Tidak seperti kaset dan CD player, MP3 player di ponsel-ponsel musik Nokia tidak dilengkapi dengan tombol rewind dan fast forward.



Bagi mereka yang tengah menghafal nada dan lirik lagu, fitur ini nampaknya lumayan penting. bisa melakukannya dengan menekan beberapa saat tombol ‘next’ atau ‘previous’ di tampilan utama player. Menekan tombol ‘next’ beberapa saat akan membawa maju dan tombol ‘previous’ akan membuat lagu mundur ke bagian sebelumnya.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tombol 4 dan 6 saat tampilan layar berada dalam posisi musik player.



3. Keypad untuk membuka menu

Seperti layaknya ponsel-ponsel Samsung, ponsel seri 60 juga memiliki karakteristik yang sama dalam hal sinkronisasi tata letak menu terhadap keberadaan keypad. Meski tanpa penomoran seperti menu di ponsel Samsung, menu-menu yang ada di ponsel-ponsel seri 60 bisa diakses dengan menekan tombol keypad memfungsikan semua keypad termasuk tombol *, 0 dan #).



Syaratnya, harus berada di posisi menu utama. Tampilan menu grid akan memudahkan dalam menentukan tombol kuncinya. Tanpa perlu melakukan settingan sebelumnya, tombol angka 1 akan membawa ke fitur messaging dan seterusnya.

Keuntungannya, tidak lagi perlu menggerakkan tombol arah ke kanan-kiri, atas-bawah untuk menuju 9 menu yang tertampil di layar.



4. Membuat Alinea Baru Saat Menulis SMS dan Notes

Kadang-kadang perlu memasukkan baris baru sebagai pengganti spasi saat menulis SMS dan notes. Saat membuat puisi misalnya, dengan tampilan kontinyu, tentunya akan lebih menarik jika membuatnya sesuai kaidah penulisan, yaitu adanya baris baru dan alinea.



Di ponsel-ponsel seri 60, bisa melakukannya dengan cara menekan tombol 0 tiga kali. Seperti yang ketahui, tombol 0 di ponsel-ponsel Nokia berfungsi memberi jarak atau spasi dari satu karakter ke karakter lainnya. Ketika menekannya dua kali, akan memunculkan angka 0. sementara penekanan kali ketiga akan menciptakan baris baru. Menekan tiga kali tombol 0 di ponsel seri 60 sama dengan menekan tombol enter di keyboard PC.



5. Merubah Profil Normal dan Silent

Dalam kondisi tertentu, bunyi-bunyian sangat dilarang untuk terdengar. Misalnya saat berada di tengah-tengah rapat atau tempat ibadah. Mengganti profil ponsel adalah salah satu pilihan yang bisa lakukan.



Seperti ketahui, dalam kondisi default ponsel lain) memiliki pengaturan nada dering yang dirangkum dalam beberapa ‘profiles’. Salah satunya adalah ‘silent’ (dalam bahasa Indonesia diartikan ‘diam). Dalam menu ‘silent’, semua bunyi-bunyian biasanya akan dinonaktifkan.



Merubah sebuah profil yang tengah digunakan ke profil lain tidak harus melalui menu utama, lalu masuk ke menu profiles. bisa melakukan cara lebih mudah.

Pertama adalah dengan menekan sekali tombol power (biasanya terletak di bagian paling atas). Cara ini akan memunculkan sebuah deretan menu yang terdiri dari ‘switch off’ (matikan ponsel) dan beberapa profiles. Gerakan tombol arah ke profile yang dimaksud lalu klik ‘ok’. Perlu diperhatikan bahwa menekan tombol power lebih lama akan membuat ponsel mati. Jadi, lakukan dengan lembut dan segeralah menarik kembali jari.



Kedua, untuk beberapa ponsel seri terbaru, semisal Nokia ‘N’, bisa dilakukan dengan menekan tombol pagar selama beberapa detik. Hal ini secara otomatis mengaktifkan mode ‘silent’ apabila tengah menggunakan mode ‘normal’. Demikian pula sebaliknya, saat menggunakan mode silent cara ini akan mengubah ponsel ke mode ‘normal’.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar